Selasa, 14 Oktober 2008

Angin Puting Beliung

PURWOKERTO - Angin puting beliung menyapu beberapa lokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sekira pukul 16.00 WIB, sore tadi. Puluhan pohon di sepanjang Jalan Sopardjo Rustam Kecamatan Sokaraja, tumbang dan dua gudang yakni gudang kayu dan rongsokan porak poranda.

Tak hanya itu, beberapa tiang listrik di jalan tersebut juga tumbang. Tak heran, aliran listrik di sekitar lokasi tersebut untuk sementara, mati.

Ambruknya pohon di jalan utama Purwokerto-Yogjakar ta itu mengakibatkan lalu lintas di jalan tersebut macet total. Pasalnya, banyak pohon yang ambruk menghalangi jalan tingkat nasional tersebut. Warga maupun sopir berusaha menyingkirkan pohon yang menghalangi jalan tersebut, agar bisa dilalui lagi.

"Macetnya lumayan parah. Kami ikut menyingkirkan pohon agar mobil bisa lewat. Kami melakukan hal itu meski hujan gerimis masih mengguyur," kata Supono (40), sopir minibus jurusan Purwokerto-Kebumen di lokasi kejadian, Senin (13/10/208).

Menurut saksi mata lainnya, Karsono, angin beliung itu muncul sebelum hujan deras datang. "Puluhan pohon tumbang dan puluhan atap rumah berterbangan di Kecamatan Sokaraja. Angin bertiup sangat kencang dari timur ke barat yang disertai hujan deras selama satu jam," katanya.

Menurutnya, selain menerbangkan genting rumah, angin tersebut juga merobohkan gudang rongsok dan sebuah gudang kayu roboh diterjang angin. Sejumlah pohon yang tumbang menimpa kabel dan tiang listrik serta telepon sehingga listrik di wilayah tersebut padam. Selain menumbangkan pohon, atap puluhan rumah di Kecamatan Sokaraja beterbangan dan sejumlah gubuk pembakaran bata merah ambruk.

Pantauan di lapangan, warga yang rumahnya terkena terjangan angin puting beliung berusaha memperbaiki atapnya. Sedangkan petugas PLKN serta PT Telkom berusaha mengevakuasi pohon-pohon yang menimpa tiang dan kabel listrik atau telepon

Tidak ada komentar: